KAJIAN
TEKNIS PENGADAAN JASA PENGGANDAAN &/ PENDISTRIBUSIAN BAHAN CETAKAN
Kajian oleh Triastono Rokhman, Anggota Divisi 1 Paguyuban JF PPBJ Kemenga Prop. Jatim
Jember,
03 Mei 2016
Pelaksanaan
kegiatan yang bersumber dari APBN, kadang terdapat akun belanja bahan 521211 terkait
kebutuhan bahan cetakan, mulai dari blangko, naskah ujian, LJK, amplop, ATK
peserta kegiatan, dlsb.
Dari
sisi akun 521211, penggunaannya terbatas hanya untuk bahan pendukung kegiatan
non operasional (bersifat insidentil), sifatnya habis pakai, tidak masuk
persediaan. Dari sisi pengadaan, masuk dalam kategori Pengadaan Jasa Lainnya.
Skema
dasar pelaksanaan pengadaan adalah Identifikasi kebutuhan B/J → Penganggaran → Pemaketan Pekerjaan → Cara Pengadaan →
Pengorganisasian Pengadaan → KAK → Jadwal Pengadaan → Umumkan RUP → Pelaksanaan
Pengadaan → Pelaksanaan Pekerjaan → Penilaian & serah terima hasil
pekerjaan → Pelaporan.
Agar
lebih mudah dipahami dan diaplikasikan, kita langsung ambil contoh pengadaan bahan
ujian.
Tahapan
Pelaksanaan kegiatan ujian:
1.
KPA menyusun dan menetapkan SK Tim Pelaksanaan
Kegiatan Penggandaan & Pendistribusian Bahan Ujian, didalamnya memuat minimal
Panitia Pelaksana Kegiatan, Tim Korektor, Pelaksana Pengadaan Belanja Bahan.
2. PPK
membuat Rencana Pelaksanaan Pengadaan, yang memuat HPS/RAB, Spesifikasi Teknis
tertentu, Rancangan Kontrak, serta KAK. Terkait Bahan Ujian, PPK perlu mempertimbangkan:
-
Juknis / Petunjuk Operasional Standar Ujian yang
berlaku.
-
Identifikasi Kebutuhan pelaksanaan ujian,
mulai dari daftar nominatif peserta ujian, blueprint naskah soal ujian, lembar
jawaban ujian, format sampul, BA pelaksanaan ujian, Daftar Hadir.
-
KAK dibuat sebagi acuan secara khusus yang
harus dipenuhi oleh calon penyedia jasa.
Setelah rampung, PPK meminta Pokja
ULP/Pej. PBJ untuk melaksanakan proses pemilihan penyedia.
3. Berdasarkan
RPP tsb, PPK mengkoordinir kegiatan pelaksanaan ujian. Untuk yg terkait belanja
bahan/jasa lainnya, PPK mengirimkan surat permintaan proses pemilihan penyedia
ke Pokja ULP/Pejabat Pengadaan;
4. Proses
Pemilihan Penyedia dilaksanakan oleh Pokja ULP/Pej. PBJ sesuai mekanisme yg
ada. Hasil pemilihan penyedia, diserahkan ke PPK untuk dilanjutkan ke proses
Perjanjian Kontrak/Surat Pesanan, penyediaan barang/jasa lainnya oleh penyedia,
penilaian hasil pekerjaan oleh PPHP (buat BA PHP), serah terima hasil pekerjaan
oleh PPK (buat BAST), pembayaran hasil pekerjaan;
5.
PPK beserta panitia menyusun LPJ dilampiri
seluruh bukti proses swakelola maupun pengadaan bahan/barang/jasa lainnya,
untuk selanjutnya dilaporkan kepada KPA.
Ulasan
pelaksanaan kegiatan pemilihan penyedia jasa penggadaan dan pendistribusian bahan
ujian:
1.
Jika Pagu ≤ 50jt, dasar pokoknya Prepres
54/2010 jo Perpres 4/2015 Psl 55, Psl 57 (5); Perka LKPP 14/2012 Bab II huruf B
angka 12 poin c.2).a), yaitu dengan cara pengadaan langsung melalui tahapan
pembelian/pembayaran langsung. Tahapan prosesnya:
·
PPK menyusun RPP (HPS, spesifikasi teknis)
dilampiri hasil survei; kemudian meminta Pej. PBJ untuk melaksanakan pengadaan;
·
Pej. PBJ melakukan transaksi langsung kepada
calon penyedia terpilih yang responsif, dengan negosiasi teknis dan harga (BA);
·
Pej. PBJ melaporkan BA tsb ke PPK untuk
dilanjutkan Surat Pesanan;
·
Pelaksanaan Pekerjaan oleh Penyedia;
·
Pekerjaan selesai, dinilai oleh PPHP (BA PHP),
kemudian BA PHP diserahkan ke PPK;
·
PPK mempelajari BA PHP, lakukan serah terima
(BA ST); sebagai dasar pembayaran hasil pekerjaan;
·
Bukti transaksi berupa Kuitansi.
·
Walaupun nilai pagu ≤50jt, namun jika
didalamnya terdapat persyaratan khusus yang mengikat, dapat menggunakan
mekanisme pengadaan langsung dengan meminta penawaran dari calon penyedia.
2.
Jika Pagu 50jt ≤ 200jt, maka dilaksanakan
dengan cara pengadaan langsung dengan permintaan penawaran dari calon penyedia.
Tahapan Prosesnya:
·
PPK menyusun RPP (HPS, spesifikasi teknis)
dilampiri hasil survei; kemudian meminta Pej. PBJ untuk melaksanakan pengadaan;
·
Pej. PBJ melakukan survei kualitas barang dan
harga, minimal 2 sumber;
·
Pej. PBJ membuat Rencana Pemilihan Penyedia;
·
Pej. PBJ membuat Dokumen Pengadaan Langsung;
·
Pej. PBJ mengundang calon penyedia yang
diyakini mampu, dilampiri dok. PL;
·
Calon Penyedia menyampaikan Isian Kualifikasi,
Penawaran Administrasi Teknis dan Harga;
·
Pej. PBJ membuka dokumen penawaran, evaluasi
administrasi & teknis dg sistem gugur; kemudian klarifikasi dan negosiasi
teknis dan harga;
·
Pej. PBJ membuat BAHPL, Surat Penetapan
Penyedia dan mengumumkannya, kemudian menyerahkan ke PPK;
·
PPK mempelajari, untuk selanjutnya melakukan
perjanjian berupa SPK;
·
Penyedia menyediakan barang/jasa sesuai
SPK/SPMK;
·
Pekerjaan selesai, dinilai oleh PPHP dalam BA
PHP;
·
BA PHP diserahkan ke PPK untuk menjadi dasar
pertimbangan melakukan serah terima hasil pekerjaan oleh PPK (BA ST);
·
PPK melakukan pembayaran sesuai capaian hasil
pekerjaan.
3.
Jika pagu 200jt ≤ maka dengan menggunakan
mekanisme Lelang.
Contoh
sederhana tabel perhitungan identifikasi kebutuhan bahan ujian:
Jenis
Soal
|
Hal Soal
|
Jml Peserta per Kelas MA
|
Jml Total Hal Soal
|
Jml Total LJK
|
Jml Sampul Soal & LJK
|
Jml BA, DH
|
||||||||
Agm
|
Bhs
|
IPA
|
IPS
|
Agm
|
Bhs
|
IPA
|
IPS
|
Total
|
BA
|
DH
|
||||
1. SKI
|
12
|
281
|
30
|
1.306
|
3.380
|
59.964
|
4.997
|
20
|
2
|
77
|
210
|
309
|
618
|
618
|
2. Bahasa Arab
|
17
|
281
|
30
|
1.306
|
3.380
|
84.949
|
4.997
|
20
|
2
|
77
|
210
|
309
|
618
|
618
|
3. Akhlak
|
15
|
281
|
4.215
|
281
|
20
|
20
|
40
|
40
|
||||||
4. Ilmu Kalam
|
11
|
281
|
3.091
|
281
|
20
|
20
|
40
|
40
|
||||||
5. Akidah Akhlak
|
15
|
30
|
1.306
|
3.380
|
70.740
|
4.716
|
2
|
77
|
210
|
289
|
578
|
578
|
||
6. Fiqih
|
12
|
30
|
1.306
|
3.380
|
56.592
|
4.716
|
2
|
77
|
210
|
289
|
578
|
578
|
||
7. Alqur'an & Al Hadits
|
17
|
30
|
1.306
|
3.380
|
80.172
|
4.716
|
2
|
77
|
210
|
289
|
578
|
578
|
||
Jumlah
|
99
|
1.124
|
150
|
6.530
|
16.900
|
359.723
|
24.704
|
80
|
10
|
385
|
1.050
|
1.525
|
3.050
|
3.050
|
No
|
Uraian Pekerjaan
|
Ketentuan
|
Vol
|
Rp
|
Jumlah Rp
|
|
1
|
Penggadaan Soal Ujian
|
A4 70gr putih, cetak 1 warna hitam
|
359.723
|
/hal/mapel/siswa
|
...
|
...
|
2
|
Penggandaan LJK
|
A4 80gr putih, cetak 2 warna hitam merah
|
24.704
|
/lbr/mapel/siswa
|
...
|
...
|
3
|
Penggandaan Cadangan Soal
|
A4 70gr putih, cetak 1 warna hitam, 20 paket soal per mapel per subra
|
5.940
|
/hal/mapel/siswa
|
...
|
...
|
4
|
Penggandaan Cadangan LJK
|
A4 80gr putih, cetak 2 warna hitam merah, 20 lbr LJK per mapel per subra
|
420
|
/lbr/mapel/siswa
|
...
|
...
|
5
|
Penggandaan Sampul Soal
|
Amplop Samson D/F4 24x35cm, Cetak 1 warna hitam
|
1.525
|
/mapel/ruang
|
...
|
...
|
6
|
Penggandaan Sampul LJK
|
Amplop Samson D/F4 24x35cm, Cetak 1 warna hitam
|
1.525
|
/mapel/ruang
|
...
|
...
|
7
|
Penggandaan Sampul Pengembalian LJK
|
Amplop Samson D/F4 24x35cm, Cetak 1 warna hitam
|
1.525
|
/mapel/ruang
|
...
|
...
|
8
|
Penggandaan BA Pelaksanaan Ujian dan Daftar Hadir
|
A4 70gr putih, cetak 1 warna hitam
|
3.050
|
/mapel/ruang
|
...
|
...
|
9
|
Pengepakan Soal dan LJK
|
Soal dan LJK, berikut BA dan Daftar Hadir di paket per mapel per ruang
per MA penyelenggara, per subra.
|
1.525
|
/mapel/ruang/Penyelenggara/Subra
|
...
|
...
|
10
|
Pendistribusian
|
Didistribusikan ke setiap Subra, paling lambat 2 hari kalender sebelum
Hari Pelaksanaan Ujian sudah terdistribusi lengkap.
|
3
|
/Subra
|
...
|
...
|
Jumlah
|
...
|
|||||
PPN 10%
|
...
|
|||||
Jumlah Total HPS
|
...
|
|||||
Rata-rata per paket siswa MA peserta Ujian untuk semua mapel inklud pajak
|
...
|
Karena
pelaksanaan ujian ini bersifat rahasia sejak proses penggandaan hingga
pendistribusian dari pihak manapun, dan tetap harus dijaga kerahasiaannya
sampai dengan pelaksanaan ujian selesai, maka perlu dibuatkan KAK yang didalamnya
memuat ketentuan khusus yang wajib dipenuhi oleh calon penyedia, mulai dari
aspek keamanan, aspek personil, aspek Ruang Penggadaan, Pengepakan dan
Pendistribusian, aspek mesin produksi, hingga aspek administrasi dan
kualifikasi.
Beberapa
catatan penting lainnya:
1.
Jika pelaksanaan ujian sangat mendesak,
sedangkan anggaran masih dalam tahap pengusulan atau revisi anggaran, ataupun pagu
indikatif sudah diterima namun masih menunggu definitifnya, maka jangan terburu
patah semangat dan menyatakan tidak bisa. Dasar pertimbangannya adalah:
-
Kegiatan ujian adalah kegiatan RUTIN, WAJIB dan SUDAH TERJADWAL, dan
TIDAK BOLEH BERHENTI/DITUNDA.
-
Peraturan
Presiden No. 4 Tahun 2015 pasal 73 ayat 2 beserta paragraf penjelasannya, maka proses pemilihan penyedia dapat
dilaksanakan sebelum RUP diumumkan untuk pengadaan barang/jasa tertentu.
-
Penandatanganan
dan pelaksanaan Kontrak Pekerjaan hingga pembayaran hasil pekerjaan hanya dapat
dilaksanakan jika anggaran sudah tersedia sesuai ketentuan yang berlaku.
-
Penyedia yang
telah ditetapkan dari hasil pemilihan penyedia, diberikan informasi bahwa
sumber anggaran DIPA masih dalam proses revisi atau apapun, dan seandainya
hingga tanggal yang ditentukan untuk proses pelaksanaan pekerjaan masih belum
tersedia alokasi anggarannya, atau dimungkinkan kurang, maka kepada Penyedia
yang telah ditetapkan tidak diberikan ganti rugi atas pembatalan pelaksanaan
Kontrak/Pekerjaan, dan penyedia ybs tidak menuntut apapun dari pihak
penyelenggara ujian.
2.
Pertangungjawaban
penggunaan anggaran 521211 hanya terbatas pada belanja bahannya, sedangkan
untuk proses penyusunan/pembuatan blueprint Bahan Ujian dlsb, dibiayai dari
akun / kegiatan lain.
Mohon masukan
& koreksi jika masih terdapat kesalahan &/ kekurangan kami,
Demi
mewujudkan pengelolaan pengadaan barang jasa yang Efisien, Efektif, Transparan,
Keterbukaan, Bersaing, Adil/tidak diskriminatif dan Akuntabel.
Semoga Bermanfaat dan Terima kasih
0 komentar:
Posting Komentar